Sayur Oyong: Salah Satu Jenis Sayuran Hijau Terbaik

Wpfreeware 2021-11-20 10:26:05 health


Source: Pinterest.id

Oyong merupakan sayuran hijau yang kaya akan manfaat beberapa kandungan yang terdapat pada oyong yaitu antioksidan, mineral, vitamin, dan asam lemak baik. Oyong juga merupakan sumber vitamin A, B5, B6, C, mangan, potasium dan magnesium. Hal tersebut yang membuat sayur oyong terkenal dengan obat alami yang sering digunakan berbagai macam penyakit.


Oyong memiliki banyak sekali nama, ada yang menyebutnya dengan lopang, gambus, gambas, blustru, dan lain-lain. Setiap daerah biasanya memiliki sebutan sendiri untuk sayuran yang satu ini. Oyong juga termasuk sayuran yang dapat tumbuh dimana saja termasuk dataran tinggi dan dataran rendah.


Banyak yang mengolah sayur oyong bersama sayur bening dan sayur sop. Mengkonsumsi sayur oyong juga dapat membantu dalam proses pelaksanaan diet, karena sayur ini termasuk sayur yang sangat rendah kalori. Selain itu banyak sekali khasiat yang bisa diambil dari sayuran oyong ini. Yuk simak manfaat sayur oyong berikut!


Anti Radang



Source: Pinterest.id

Biji dalam sayur oyong memiliki kandungan anti radang yaitu flavonoid dan asam fenolik yang dapat menyembuhkan peradangan secara alami.  Selain itu biji sayuran oyong juga bersifat analgesik (pereda nyeri). Itulah alasan mengapa, para ahli percaya kalau biji oyong yang sudah diekstrak dapat meredakan rasa nyeri akibat penyakit peradangan.


Melawan Mikroba


woman holding laboratory appratus

Source: unsplash.com/@cdc

Berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau mikroba dapat disembuhkan dengan bantuan sayur oyong. Hal itu karena sayur oyong mengandung etil asetat dan metanol. Keduanya dipercaya ampuh dalam melawan bakteri yang meliputi jenis S. aureus, E. Coli, P. aeruginosa, dan B. subtilis. Beberapa macam penyakit tersebut yaitu flu dan peradangannya, nyeri saat haid, dan masalah pencernaan.


Mengobati Sinusitis



Source: Pinterest.id

Sinusitis yang bisa kambuh kapan saja bisa diobati dan diredakan oleh sayur oyong. Pasalnya saat mengalami sinusitis peradangan di bagian hidung akan berlangsung, oleh karena itu mengkonsumsi sayur oyong akan meredakan peradangan tersebut. Sebuah penelitian menyatakan, penggunaan produk homeopati yang mengandung ekstrak oyong, lungmoss, dan kalium selama dua minggu, mampu mengatasi berbagai gejala sinusitis.


Melangsingkan Tubuh



Source: Pinterest.id

Sayur oyong juga bisa menurunkan berat badan secara alami. Kadar air pada sayuran ini juga cukup tinggi sehingga mengandung serat yang banyak sama halnya seperti mentimun. Tidak hanya itu, oyong juga mengandung tinggi serat dan rendah lemak jenuh. Itu artinya, mengonsumsi sayur oyong dapat mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. Namun banyak orang yang belum tahu akan khasiat ini, padahal sayur oyong juga memiliki kadar kalori yang rendah yang ampuh dalam proses melangsingkan tubuh.


Mengobati Diabetes



Source: unsplash

Sudah bukan rahasia bila oyong merupakan obat herbal khususnya diabetes melitus alias kencing manis.  Mengutip dari buku berjudul The Miracle of Vegetables karya Farah Rizki. S.Gz, biji oyong mengandung senyawa cucurbitasin yang mampu menurunkan kadar gula darah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. I Ketut Adnyana menunjukkan konsumsi dua sampai tiga biji oyong tua atau setara dengan 10,8 - 21,6 mg/kgBB setiap hari bisa membantu penderita diabetes menurunkan kadar gula darah.


Itulah beberapa manfaat sayur oyong untuk kesehatan tubuh. Dengan berbagai manfaat ini, tidak heran jika sayur oyong sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari santapan sayur sehat sehari-hari. Jadi, jangan sampai melewatkan manfaat dari sayur oyong ini ya. Sobat Glamours juga bisa berkonsultasi dengan dokter ahli gizi dari untuk mengetahui nilai gizi yang ada pada sayur oyong.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner