Sekilas Mirip, Ini Dia Kuliner Indonesia dan Korea yang Serupa!

Wpfreeware 2021-11-03 10:46:02 Kuliner


Source: Google Image


Berbeda negara, berbeda pula kuliner yang akan disajikan. Namun uniknya ada persamaan diantara kedua makanan dari 2 negara berbeda ini. Hanya menggunakan nama yang berbeda dan beberapa campuran bahan yang berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh culture yang berbeda pula.


Jadi jangan khawatir jika tidak bisa menemukan kuliner Korea yang anda inginkan, cukup makan kuliner indonesia yang lowkey Korea. Terlebih makanan Korea terhitung pricey sedangkan makanan Indonesia banyak yang murah. Berikut adalah beberapa rangkuman makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia!


Jajangmyeon dan Mie Ayam




Jajangmyeon adalah salah satu makanan paling sering ada dalam drama korea atau variety show korea, makanan ini paling banyak mencuri perhatian selain ramyun korea. Banyak yang penasaran dengan cita rasa jajangmyeon ini, tapi ternyata makanan ini hampir sama dengan makanan indonesia yaitu mie ayam.


Terdapat sedikit perbedaan pada kedua makanan tersebut. Dimana jajangmyeon memakai pasta kedelai hitam yang kental dan sedikit manis, sedangkan mie ayam hanya memakai extension kecap, dan tambahan daging bumbu kuning yang membuat rasanya sedikit berbeda.


Japchae (fried glass noodles) dan Bihun Goreng




Buat Anda penggemar makanan Korea, pasti sudah sering mencoba makanan ini di restoran Korea. Japchae terbuat dari dangmyeon seperti bihun yang terbuat dari tepung ubi jalar, sedangkan bihun terbuat dari tepung atau sagu. Warna dan bentuknya memang hampir sama, namun bumbu yang biasanya digunakan untuk Japchae tidak banyak, cukup bawang putih, kecap asin, gula pasir dan minyak wijen.


Sedangkan untuk bihun indonesia menggunakan beberapa bumbu rempah asli indonesia, hal tersebut yang membedakan japchae dan bihun goreng. Secara tampilan kedua makanan tersebut persis, namun japchae memiliki taburan wijen diatasnya sedangkan bihun goreng asli Indonesia tidak.


Bibimbap Mixed Rice dengan Lotek




Makanan korea bibimbap yang sering banget dijumpai dalam drama korea ini ternyata mempunyai kemiripan dengan salah satu makanan tradisional khususnya sunda yaitu lotek. Memiliki kemiripan dalam bahan dasar seperti wortel, tauge, kacang panjang.


Beberapa hal yang membedakan antara lotek dan bibimbap adalah bahan tambahan seperti bumbu kacang yang digunakan untuk mencampur makanan Indonesia tersebut, sedangkan bibimbap mixed rice menggunakan bahan tambahan kecap atau kecap asin, nasi, telur dan wijen yang dicampurkan menjadi satu.


Dakkochi dan Sate Ayam




Hampir setiap negara di seluruh dunia punya makanan khas berbentuk sate. Untuk di Korea, ada satu sajian bernama Dakkochi yang biasa disajikan di pinggir jalan. Tidak ada perbedaan yang jomplang antara kedua makanan ini, semua berbahan dasar sama dan berbumbu sama. Walaupun ada beberapa rempah indonesia yang tidak sama dengan korea.


Banyak pula yang menggemari makanan ini, itulah kenapa gerai yang menjual makanan ini selalu ramai. Sama halnya dengan sate ayam, dakkochi ini adalah sajian daging yang ditusuk. Biasanya dijajakan di pinggir jalan dan termasuk jajanan berkategori street food.


Bagaimana nih sobat Glamours makanan nusantara tak kalah menarik dengan makanan Korea bukan?

Comment

Similar Post You May Like